Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut melaksanakan Ujian Komprehensif yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Februari 2023. Ujian Komprehensif dilaksanakan di Gedung E Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Sebanyak 194 mahasiswa mengikuti ujian komprehensif yang terdiri dari seluruh program studi mahasiswa semester 7, yaitu Program Studi PAI, Program Studi PGMI, Program Studi PGSD, Program Studi Penjas, Program Studi Pendidikan Fisika, dan Program Studi Pendidikan IPA.

Ketua Panitia Ujian Komprehensif, Asep Irvan Irvani, M.Pd. mengatakan, ujian komprehensif adalah ujian yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa dalam bidang keilmuan dan untuk mengukur juga kemampuan berpikir mahasiswa secara interdisipliner sebagai syarat untuk mengikuti ujian munaqasah/skripsi.
Ujian Komprehensif juga meliputi matakuliah yang mendukung keprofesionalan sesuai dengan program studi masing-masing”.

Sebagai informasi, ujian komprehensif adalah ujian tulis dan ujian lisan yang harus diikuti oleh mahasiswa setelah lulus seluruh mata kuliah. Ujian komprehensif dilaksanakan sebelum ujian skripsi (munaqasah). Ujian dimaksud untuk mengevaluasi penguasaan mahasiswa terhadap keilmuan keislaman dan program studi masing-masing. Materi ujian meliputi membaca dan menulis ayat Suci Al-Qur’an, hafalan surat pilihan, praktek amalan, metodologi pendidikan, dan mata kuliah pokok program studi masing-masing. Ujian komprehensif dilaksanakan agar ada standar keilmuan yang dikuasai oleh mahasiswa sebelum melanjutkan ke tahap ujian skripsi (munaqasah), sehingga mahasiswa yang lulus dari Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut memiliki kemampuan yang sama dalam bidang yang di persyaratkan.

Dengan pelaksanaan ujian komprehensif dapat mengukur capaian pembelajaran baik capaian di tingkat Fakultas, Program Studi atau capaian yang bersifat khusus sebagai identitas Perguruan Tinggi. Dengan demikian pelaksanaan ujian komprehensif akan terus ditata dan disosialisasikan kepada semua civitas akademik yang ada berada di lingkungan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

FPIK | Universitas Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *