Kini, di Universitas Garut membuka Program Studi PGSD

 

Universitas Garut dari tahun ketahun selalu terus berusaha meningkatkan kualitas dalam upaya pelayanan pendidikan di Kabupaten Garut. Pada tahun ini kembali membuat terobosan dengan membuka Program Studi (Prodi) baru yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bagi para lulusan SMA/sederajat yang berniat untuk menjadi seorang guru SD yang profesional. Prodi ini secara operasional akan segera dimulai pada bulan September 2017 untuk tahun perkuliahan 2017/2018 yang akan berlokasi di kampus Hampor Jalan Samarang No 52 A Garut, tepatnya prodi ini berada pada Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Tujuan pembukaan Prodi PGSD ini adalah untuk memenuhi tuntutan sekaligus kebutuhan akan guru-guru SD yang berkualitas di tanah air demi terciptanya masa depan generasi bangsa melalui pendidikan dasar yang lebih baik. Prodi PGSD didukung oleh tenaga pengajar/dosen yang ahli dan berpengalaman di bidangnya dengan latar belakang pendidikan S2/S3. Selain itu terdapat juga dosen praktisi ilmu tertentu yang menguasai bidang ilmu yang berbeda-beda.

Prodi PGSD Universitas Garut dapat berkontribusi secara nyata dalam pembangunan manusia di Kabupaten Garut seutuhnya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang telah digariskan. Tentu ini juga dikaitkan dengan tuntutan kompetensi seorang guru yang mewajibkan setiap guru Sekolah dasar harus memiliki kompetensi akademik yang sesuai.

Sejak diterbitkannya undang-undang guru dan Dosen No. 14 tahun 2005 maka guru memiliki payung hukum dan telah diakui bahwa tugas yang diembannya adalah sebuah tanggung jawab yang memenuhi kriteria tanggung jawab professional. Kehadiran UU Guru dan Dosen tersebut merupakan upaya dan perjuangan yang panjang yang ditempuh oleh para guru di Indonesia agar diakui keberadaannya sebagai sebuah profesi.

Tugas dan tanggungjawab seorang guru tidaklah sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan, melainkan lebih kompleks dari itu. Seorang guru tidak hanya mengemban amanah sebagai pengajar, tetapi sekaligus sebagai seorang pendidik. Dengan demikian menjadi seorang guru tidaklah mudah, menjadi guru tidak cukup hanya berbekal pengetahuan saja, melainkan harus ditunjang dengan kompetensi lain yang mendukung tugas dan tanggungjawabnya itu.

Selanjutnya bagi siapapun yang ingin mengetahui informasi selanjutnya dapat di akses di fpik.ac.id atau dapat datang langsung ke Kampus UNIGA di Jalan Samarang No 52 A Hampor. Telp. (0262) 236295. Wakil Dekan III : 081322563543 (Asep Tutun Usman, M.Pd)

 

 

 

2 Commentsto Kini, di Universitas Garut membuka Program Studi PGSD

  1. Jajang Bayu Kelana berkata:

    Assalamualaikum. Wr.Wb
    maaf mau bertanya, untuk program studi PGSD apakah ada lowongan menjadi dosen ??

    • administrator berkata:

      Terima kasih atas pertanyaannya.

      Untuk kebutuhan dosen tentu akan dilihat bagaimana jumlah mahasiswanya. Akan tetapi bila saudara bermaksud akan mengajukan lamaran menjadi dosen, dapat langsung datang ke Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut dengan alamat di Jalan Raya Samarang no 52 A Hampor. Terima Kasih

      Admin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *